-->

Sistem Kendali keluaran dan masukan sistem kendali


Sistem kendali telah memegang peranan yang begitu sangat penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Peranan sistem kendali meliputi semua bidang kehidupan. Dalam peralatan, misalnya proses pada industri pesawat terbang, peluru kendali, pesawat ruang angkasa, dan lain-lain, sedangkan dalam bidang non teknis meliputi bidang biologi, ekonomi, sosial, kedokteran dan lain-lain. Sistem kendali semakin berkembang dapat meningkatkan kinerja sistem, kualitas produksi, dan menekan biaya produksi. 


Sejarah perkembangan sistem kendali diawali dengan revolusi industri I, dan II, sedangkan perang dunia I dan II mempercepat perkembangannya. James watts menemukan generator sentrifugal (1767), minovzky menemukan pengendalian kapal laut (1922), metoda analisis kepekaan ditemukan oleh NYquist (1932), Hazen tahun 1934 menemukan sistem kendali posisi (mekanisme servo), metode fungsi frekuensi masukan-Tunggal, keluaran-tunggal (Single input single output = SISO) dikembangkan oleh bode pada tahun 1940, sedangkan W.R Evans pada tahun 1950 mengembangkan metode analisis tempat kedudukan akar. (Root Locus)


Sistem kendali modern diawali pada tahun 1960, yaitu masukan-banyak keluaran-banyak (Multi input multi Output = MIMO) yang bedasarkan teorema vektor matris. Disusul dengan berkembangnya sistem kendali optimal (yang memenuhi kriteria-kriteria tambahan). Sistem stokastik(tak tentu, yang berdasarkan teorema propabilitas), sistem kendali adaptif (yang mempunyai kemampuan untuk beradaptasi, sistem kendali yang mampu untuk belajar (learning control system) yang merupakan metoda dalam intelengensia buatan, sampai dengan sistem kendali komputer (Computer control system)


Sistem kendali dapat dikatakan sebagai hubungan antara komponen yang membentuk sebuah konfigurasi sistem, yang akan menghasilkan tanggapan sistem yang diharapkan. Jadi harus ada yang dikendalikan, yang merupakan suatu sistem fisis, yang biasa disebut dengan pengendalian (plant)

keluaran masukan


Masukan dan keluaran sistem kendali


Masukan dan keluaran merupakan variabel atau besaran fisis. Keluaran merupakan hal yang dihasilkan oleh kendalian, artinya yang dikendalikan. Sedangkan masukan adalah yang memperngaruhi kendalian, yang nengatur keluaran, kedua dimensi masukan dan keluaran tidak harus sama 


1. penguatan elektronik

Baikmasukan (e1) maupun keluaran (e0) dapat berupa tengangan elektrik, dalam keluaran volr 

2. Motor DC

Merupakan tegangan jangkar atau tegangan medan e, dalam satuan volt, sedang keluaran w berupa putaran motor, dalam satuan radian/detik.

3. Potensiometer
masukan berupa posisi potensiometer, biasanya dalam dinyatakan dalam radian, sedang keluaran berupa tegangan, dalam suatu volt. 

4. Generator 
Masukan berupa putaran w, dalam satuan radian/detik, dan keluaran berupa tegangan e0, dalam satuan Volt

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sistem Kendali keluaran dan masukan sistem kendali"

Post a Comment

silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel