-->

pemeliharaan kompresor : Penentuan spesifikasi kompresi udara


Membahas lanjutan dari pemeliharaan kompresor 

Pompa compresor

Penentuan spesifikasi kompresi udara
Daya yang diperlukan untuk menggerakan dapat di hitung contohnya :
Kompresor torak satu tingkat dengan efisiensi volumetris 63% dan piston displacement 7,94 m3/min menempatkan udara standar menjadi 7 kgf/cm2. Jika efisiensi adiabatik keseluruhan 70% berapakah daya motor penggerak kompresi ?

   =
= (0,63)(7,49)
= 5 m3/min
Unruk menempatkan 1 m3/min udara standar menjadi 7 kgf/cm2 (g) dengan kompresor 1 tingkat menurut tabel memerlukan data adiabatik teoritis 4,7074 kW, sehingga laju volume udara total sebesar 5 m3/min akan diperlukan daya sebesar:

             = 5 x 4,7074 = 23,5 kW

Dengan efisiensi adiabatik total sebesar 70% maka daya poros yang diperlukan kompresor adalah sebegai berikut:

            L =  =  = 33.6 kw

Daya motor penggerak kompressor harus diambil sebesar 5-10% di atas hasil perhitungan tersebut, sehingga jika diambil maksimal maka akan didapatkan daya motor yang diperlukan adalah 37 kW
Jenis penggerak dan transmisi daya
Penggerak kompresor pada umumnya memakai motor listrik atau bakar torak
1. Motor Listrik
            Motor listik pada umumnya diklasifikasikan menjadi dua, yaitu motor induksi dan motor sinkron. Motor induksi mempunyai faktor daya dan efisiensi lebih rendah dibandingkan dengan motor sinkron. Arus awal induksi juga sangat besar. Namun, motor induksi sampai dengan 600 Kw masih banyak dipakai kaarena harga yang relatif murah dan pemeliharaan lebih mudah.
Motor listrik induksi terdapat dua jenis yaitu jenis sangkar bajing (Squirel cage), dan jenis rotor lilit (wound rotor). Motor listrik tipe sangkar jaring banyak digunakan karena mudah pemeliharaannya.
Adapun motor listrik jenis sinkron mempunyai faktor daya dan efisiensi yang tinggi, namun harganya mahal sehingga jika pemakaian daya tidak merupakan faktor yang sangat menentukan, motor jenis ini jarang digunakan. Motor listrik banyak digunakan pada industrial yang membutuhkan tekanan udara yang besar.
Karakteristik starter pada motor listrik bermacam-macam, tergantung pada momen awal, kapasitas sumber tenaga yang ada, dan pengaruh arus awal pada sistem distribusi daya yang ada.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "pemeliharaan kompresor : Penentuan spesifikasi kompresi udara"

  1. Biasanya orang-orang asal pakai, orang indonesia cenderung skip tutorial gan.
    Hahahaaa...

    ReplyDelete

silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel