Pemeliharaan dan perbaikan, Klasifikasi dan kontruksi kompresi udara
kompressor
terdapat dalam berbagai jenis dan model, bergantung pada volume dan tekanan
yang dihasilkan. istilah kompressor banyak dipakai untuk yang bertekanan
tinggi, blower untuk yang bertekanan menengah sampai bertekanan rendah, dan fan
untuk yang bertekanan sangat rendah.
Ditinjau dari
cara pemampatan (kompresi) udara, kompresi dibagi menjadi dua, yaitu jenis
perpindahan dan jenis turbo. Jenis perpindahan adalah kompresor yang digunkan
menaikkan tekanan dengan memperkecil atau menempatkan volume gas yang di isap
ke dalam silinder atau stator oleh torak atau sudu, sedangkan jenis turbo
digunakan menaikan tekanan dan kecepatan gas dengan gaya sentrifugal yang
ditimbulkan oleh impeller gaua angkat (lift)
yang ditimbulkan oleh sudu.
Ada juga
yang mengklasifikasi kompresor udara sebagai berikut:
- Klasifikasi
berdasarkan junlah tingkat kompresi
-
Klasifikasi
berdasarkan langkah kerja
-
Klasifikasi
berdasarkan susunan silinder “khusus kompresor torak”
-
Klasifikasi
berdasarkan cara pendinginan
-
Klasifikasi
berdasarkan transmisi gerak
-
Klasifikasi
berdasarkan penempatannya
Kontruksi kompresor
Dalam ini
hanya akan dibahas khusus kompresor torak karena pada umumnya kompresor udara
yang digunakan pada bidang kerja otomotif skala menengah kecil adalah kompresor
torak,
Kompresor torak
atau kompresor bolak-balik pada dasarnya berfungsi mengubah gerakan putar dari
penggerak mula menjadi penggerak bolak-balik piston. Gerakan ini diperoleh
dengan menggunakan poros engkol dan batang penggerak yang menghasilkan gerak
bolak-balik pada torak.
Gerakan torak
akan menghisap udara ke dalam silinder dan menempatkannya, langkah kerja
kompresor torak hampir sama dengan konsep kerja motor torak yaitu :
1. Langkah
Hisap
2. Langkah
Kompresi
3. Langkah
Hisap
4. Langkah
keluar
Silinder dan kepala silinder
Silinder
mempunyai bentuk silinder dan mempunyai bejana kedap udara di mana torak
bergerak bolak-balik untuk mengisap dan menempatkan udara.
Silinder harus
kuat menahan baban tekanan yang ada silinder untuk tekanan kurang dari 50 kgf/cm2
pada umumnya menggunakan besi cor sebagai silindernya. Bagian dalam silinder
diperhalus karena cincin torak akan meluncur pada permukaan silinder. Dinding bagian
luar silinder diberi sirip-sirip untuk memperluas permukaan sehingga lebih
cepat memancarkan panas yang timbul dari proses kompresi di dalam silinder.
0 Response to "Pemeliharaan dan perbaikan, Klasifikasi dan kontruksi kompresi udara"
Post a Comment
silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,