Shock absorber. Hydroulic Electro Mechanics shock absorber
shock absorber atau
suspensi dirancang untuk menahan guncangan atau mengurangi getaran pada
permukaan jalan, Untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh standar tersebut,
maka suspensi kendaraan harus dirancang
agar mampu menghadapi kondisi perubahan jalan, perubahan kecepatan dan massa
muatan. Suspensi merupakan suatu sistem yang terdiri atas pegas, damper (shock absorber), dan lengan–lengan
penghubung sistem roda dan bodi kendaraan suspensi berfungsi sebagai. Kendaraan
motor menjadi stabil dan safety. saat
menikung dengan sistem suspensi juga, getaran akibat kerja mesin dapat di
redam.
Untuk
mengurangi redaman dalam hal ini suspensi memiliki gerak respon dinamik arah
gerak bebas vertikal dengan arah berlawanan dan gerak relatif, gerak repon
dinamik pada suspensi menggunakan kompresi viscousitas double silinder untuki
dapat menentukan gerak tanslasi aktuator yang mengoptimalkan kinerja Hydroulic Electro Mechanics shock
absorber Memanfaatkan Hydroulic Electro Mechanics shock
absorber
Memmanfaatkan
getaran respon dinamik dengan gerak
relatif ini dikonversi menjadi sistem Vibration
Energy Harvesting (VEH) yang bisa menghasilkan energi, pengembangan Regenetif Shock Absorber dengan
rancangan suspensi aktif gerak repon
relatif dengan mengkonversi VEH, yang dihasilkan Regentarif Shock Absorber adalah hydroulic, friction dumping yang dihasilkan oleh mekanisme roda
gigi dan electric dumping yang
dihasilkan generator.
Pegas spring/shock absorber |
Permasalahan utama
pada penelitian ini
adalah bagaimana sensor
getaran dapat mendeteksi
adanya perambatan gelombang secara
vertikal maupun horisontal
dengan tingkatan tertentu
kemudian diubah ke
beda potensial listrik sebagai tanggapan terhadap tekanan mekanik
Salah satunya
dalam bidang otomotif
pada sistem suspensi kendaraan.
Sistem suspensi pada
kendaraan dirancang dan
digunakan untuk menyerap
kejutan atau hentakan
dari permukaan jalan
yang dilewati kendaraan
sehingga menghasilkan kenyamanan
dalam berkendara ketika
melewati jalanan yang bergelombang.
Sistem suspensi
ini terletak diantara
bodi kendaraan dengan
roda-roda. Komponen pada sistem suspensi
yang bertugas untuk
meredam oskilasi (gerakan naik
turun) pegas saat
menerima kejutan atau hentakan
dari profil jalan
yang bergelombang dinamakan shock
absorber.
shock absorber
adalah satu bagian
yang terpenting dari sistem
suspensi yang bekerja
untuk meredam atau menetralisir dengan cepat vibration
(getaran) spring(pegas) pada
kendaraan roda empat
yang terjadi akibat kondisi
jalan yang tidak
beraturan serta mengendalikan kestabilan
dan kenyamanan dalam berkendaraan.
Dalam
penelitiannya, mahasiswa dari MIT
Zack Anderson telah
mengembangkan shock absorber menjadi
regenerative shock arbsorber. Energi
yang terbuang pada
shock bsorber dapat dimanfaatkan
dengan mengubahnya menjadi energi
listrik.
Namun dalam pengembangannya shock
absorber juga memperhitungkan dua aspek, seperti dijelaskan
oleh Skriptyan [3],
pengembangan suspensi regeneratif harus memperhatikan
dua aspek, yaitu
aspek dari kemampuan sistem
meregeneratif energi dan kenyamanan yang diberikan. Banyaknya energi
yang terdisipasi pada kendaraan, membuat
penelitian ke arah
suspensi regeneratif semakin berkembang.
mengklasifikasikan
suspensi regeneratif menjadi dua tipe
berdasarkan prinsip kerjanya,
yaitu suspensi regeneratif mekanik
dan suspensi regeneratif elektromagnetik. Suspensi
regeneratif elektromagnetik mentransformasi shock
energymenjadi energi listrik
yang dapat disimpan
dan digunakan ulang. Pada penelitiannya,
Skriptyan
menggunakan tipe suspensi
regeneratif elektromagnetik dan mendapatkan
energi bangkitan dari sistem
HRSA yang telah
dibuatnya lalu diaplikasikan pada
quarter car model dan didapakan arus maksimal
sebesar 0,8 A dan daya
bangkitan maksimal sebesar 10 W.
Berbeda dengan penelitian
yang dilakukan
oleh Kurniawan [5]
dimana menggunakan tipe
suspensi regeneratif mekanik
dengan desain RSA (Regenerative
Shock Absorber) 1:5 dapat menghasilkan daya sebesar 4.365 W.
Dari hasil penelitian Berdasarkan
analisa komprehensif, tipe hydraulic electromagnetic suspension atau
lebih dikenal dengan
nama hydraulic regenerative shock
absorber (HRSA),
memiliki keuntungan
baik dari sisi
fleksibilitas sistem
hidrolik dan dari
sisi regenerasi energinya. Struktur yang
sederhana dan tidak
membutuhkan banyak komponen menjadikannya
mudah untuk diaplikasikan
0 Response to "Shock absorber. Hydroulic Electro Mechanics shock absorber "
Post a Comment
silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,