-->

Mobil Hybrib, Energi Listrik terbarukan

Di sekitar tahun 1665, seorang yang bernama Ferdinand Verbeist mulai merencanakan untuk membuat jenis kendaraan tertentu. Kendaraan itu akan sangat sederhana. Kemudian Ferdinand merencanakan sebuah mobil yang memiliki empat roda dan akan digerakkan dengan mesin uap. Butuh waktu sekitar 15 tahun untuk Ferdinand merencanakan dan mewujudkan idenya.
Ia bekerja untuk menyempurnakan mobil impiannya. Tapi tidak seorang pun tahu jika ia pernah selesai karena tidak ada bukti bahwa konsep itu ada. Energi telah menjadi suatu kebutuhan mutlak bagi manusia, dalam setiap aktivitas dan Rutinitas manusia memerlukan energi yang diambil dari suatu sumber energi atau bahan bakar untuk melakukan suatu kerja. 
Dari sekian banyak aktivitas manusia, kegiatan berpindah tempat dengan bantuan suatu mesin otomotif atau biasa disebut dengan tranportasi merupakan aktivitas yang membutuhkan begitu banyak energi. Selama beberapa tahun ini, bahan bakar fosil telah manjadi sumber energi untuk mengoperasikan mesin-mesin otomotif tersebut. Namun, 
selain ketersediaan bahan bakar fosil yang sangat terbatas, penggunaan bahan bakar fosil ini memberikan berbagai dampak negatif bagi lingkungan terutama pencemaran udara akibat pembuangan gas monoksida dan dioksida dari sisa pembakaran bahan bakar ini.
           Permasalahan yang dijadikan batasan masalah pada pokok ini adalah Tegnologi Hybrid dengan mengkombinasikan tenaga listrik dan bensin yang Terkait dengan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh bahan bakar fosil, ada beberapa energi alternatif yang dapat dipilih untuk dijadikan energi untuk membangkitkan tenaga. 
          Krisis energi merupakan masalah bagi hampir semua negara di dunia terkhusus di Indonesia yang sampai saat ini masih belum terpecahkan.Hal ini terbukti dengan semakin melambungnya harga BBM yang menjadi sumber energi utama pada bidang otomotif. Dengan demikian perlu adana perubahan konstrusi penggerak kendaraan yang dapat menghasilkan efisiensi mesin dan mengurangi efek polusi.
menggunakan baterai, dengan sebagai acuan kami mengambil jenis kendaraan pabrikan jerman yaitu BMW. Tetapi Kini beberapa perusahaan mobil didunia mulai memproduksi Hybrid car / mobil hidrida. Bahkan Hybrid car / mobil hidrida juga dirancang pada kendaraan besaar seperti truk. Perusahaan mobil contohnya Toyota, Daihatsu, BMW, Mercedes Ben, Jaguar, Mazda, dll. Sedangkan perusahaan truk ada Volvo.
Mobil hybrid atau hibrida adalah kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi untuk sumber tenaganya. Hal ini biasanya mengacu pada sebuah mobil yang memiliki mesin bensin konvensional serta  baterai sebagai sumber tenaga. Salah satu sumber tenaga ini mungkin menjadi sumber daya utama dan yang lainnya berfungsi sebagai cadangan, atau kendaraan mungkin menggunakan satu sumber dalam situasi tertentu dan menggunakan yang lain dalam situasi yang berbeda.
Akhirnya seorang bernama Robert Anderson mengembangkan sebuah mobil bertenaga listrik (hybrid car) pada tahun 1839. Ini adalah hybrid car pertama didunia. Mobil itu dibangun di Skotlandia. Ini mobil listrik pertama dan merupakan inovasi besar pada masanya. 
Namun, satu-satunya masalah adalah bahwa sangat sulit untuk mengisi ulang baterai mobil. Beberapa pelopor datang di belakang Anderson, tetapi mereka juga memiliki kesulitan untuk mengisi ulang baterai dengan mudah.
           BMW menjadi salah satu ikon mobil mewah dunia yang sangat diperhitungkan oleh banyak pihak. Kualitasnya yang memang tak perlu diragukan lagi, plus performa powerfull yang ada pada setiap mobil buatannya, berhasil membuat setiap orang berdecak kagum olehnya. 
           Apalagi dengan hadirnya mobil terbaru miliknya yang mengusung nama BMW i8, sontak membuatnya menjadi perhatian banyak orang, bukan hanya karena harga BMW i8 yang mahal saja, akan tetapi karena teknologi yang digunakan olehnya.
         Diketahui mobil garapan BMW ini menggunakan dua mesin sekaligus dalam satu mobil, yakni motor bertenaga listrik dan BBM, atau biasa disebut sebagai Mobil Hybrid. Dimana adanya hal demikian, bukan hanya membuatnya terlihat lebih mewah dari apa yang kita perkirakan, tetapi juga lebih powerfull saat berada di jalan.
pegas spring
         Bahkan untuk mendukung performa yang dimiliki olehnya, BMW juga mendesain bagian bodi yang membalut sekujur tubuhnya menggunakan desain modern dan sangat diperhatikan hingga detail terkecil.
Alhasil, bentuk bodi yang di usungnya yang membawa konsep aerodinamis ini, dapat mengantarkannya kedalam kecepatan yang sebenarnya. Tak berhenti sampai disitu saja, fitur keamanan juga menjadi prioritas utama bagi BMW untuk memberikan rasa puas terhadap para pengguna saat berkendara dengannya. 
Ditambah lagi lini interior yang di dukung teknologi canggih, sampai dengan bagian terkecil, menjadikannya semakin berkelas dan paling tidak membuatnya sangat pantas bila harga BMW i8 ini di jual pada angka fantastis.
Terlebih pada bagian dashboard, dimana bagian ini dilengkapi dengan berbagai fitur full digital, yang dipadukan bersama desain berkelas, dan dilengkapi fungsionalitas tinggi, yang disamping menarik, juga akan memberikan kemudahan lebih terhadap pengguna sewaktu berkendara dengan BMW i8. Sementara itu, dibagian lain, BMW memberikan fitur multimedia serta konektifitas lengkap pada tubuhnya, yang dapat di hubungkan dengan perangkat smartphone,
Mobil yang digerakkan adalah mobil untuk masa depan, mengingat krisis energi fosil yang semakin hari semakin menipis. Walau belum mendapat perhatian besar dari konsumen otomotif, namun berbagai pioneer dari mobil listrik ini mulai diciptakan. Produsen mobil BMW pun tidak ketinggalah. BMW i3 adalah mobil listrik pertama BMW.
BMW i3 mempunyai empat kursi dengan empat pintu. Bodinya terbuat dari plastik serat karbon yang sudah diperkuat (CFRP), sedangkan rodanya berukuran 19 inci dengan ban 155/70. Tersedia juga sebagai opsi velg berukuran 20 inci.
 Baterai yang digunakan adalah lithium-ion 22-kilowatt-jam seberat 204kg yang terletak di lantai kendaraan. Baterai ini mampu memasuk tenaga hingga 170 tenaga kuda dan menghasilkan torsi 184 lb-ft. Charger baterai standar untuk isi ulang penuh adalah sekitar 3 jam, dan dapat digunakan untuk menempuh jarak hingga 130 – 160 km. BMW i3 mampu melesat dari 0 – 100km/jam hanya dalam waktu 7 detik saja, akselerasi yang cukup cepat untuk ukuran mobil listrik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mobil Hybrib, Energi Listrik terbarukan "

Post a Comment

silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel