-->

pengertian Cavity (rongga cetakan pasir)

Pengecoran

            Definisi pengecoran, proses pengecoran (Casting) adalah salah satu teknik pembuatan produk dimana logam dicairkan dalam tungku peleburan kemudian dituangkan kedalam rongga cetakan yang serupa dengan bentuk asli dari produk cor yang akan dibuat. Dimana proses pengecoran dapat menghasilkan produk yang sangat kuat dan tahan terhadap gesekan, karena mengalami perubahan fasa pada saat logam dicairkan dan pada saat logam didinginkan.

Ada 4 faktor yang berpengaruh atau merupakan ciri dari proses pengecoran, yaitu:

·           Adanya aliran logam cair kedalam rongga cetakan

·           Terjadi perpindahan panas selama pembekuan dan pendinginan dari logam dalam cetakan.

·            Pengaruh material cetakan.

·           Pembekuan logam dari kondisi cair.

Klasifikasi pengecoran berdasarkan umur dari cetakan,

1.      ada pengecoran dengan sekali pakai (expendable Mold)

2.      pengecoran dengan cetakan permanent (permanent Mold).

Cetakan pasir termasuk dalam expendable mold. Karena hanya bisa digunakan satu kali pengecoran saja, setelah itu cetakan tersebut dirusak saat pengambilan benda coran. Dalam pembuatan cetakan, jenis-jenis pasir yang digunakan adalah pasir silika, pasir zircon atau pasir hijau. Sedangkan perekat antar butir-butir pasir dapat digunakan, bentonit, resin, furan atau air gelas.

Pengecoran Cetakan Pasir

Pasir Pengecoran sand casting adalah proses pengecoran logam untuk membuat suatu benda kerja atau komponen dengan metode penuangan logam cair kedalam cetakan pasir. Pengecoran sand casting paling banyak digunakan dalam produksi pengecoran dikarenakan metode ini merupakan metode yang paling kuno tetapi mempunyai banyak keunggulan seperti:

1. Dapat mencetak logam dengan titik lebur yang tinggi seperti baja, nikel dan    titanium.

2. Dapat memproduksi benda cor dengan dimensi dari yang ukuran kecil hingga ukuran besar serta panjang seperti pengecoran untuk pembuatan baling-baling kapal dan rel kereta api.

  3. Dapat memproduksi banyak dengan cetakan yang banyak pula. Pembuatan benda cor dengan metode sand casting harus dilakukan dengan banyak pertimbangan dan perencanaan yang baik untuk menghasilkan produk hasil pengecoran mempunyai kualitas yang baik dengan sedikit terjadi cacat.

Keuntungan dan Kerugian Pengecoran Logam

Keuntungan yang didapat dari produk pengecoran logam secara umum adalah:

·         Dapat membentuk komponen yang rumit

·          Dapat menghemat waktu dan pekrjaan untuk produk massal

·          Dapat memakai bahan yang tidak dapat dikerjakan dengan proses pemesinan

·          Ukuran produk tidak terbatas

·         Bahan dasar dapat di daur ulang

 Kerugian yang dimiliki oleh produk pengecoram logam:

·         Kurang ekonomis untuk produksi dalam jumlah kecil.

·          Permukaan yang dihasilkan umumnya lebih kasar daripada produk pemesinan.

·          Toleransi kepresisian ukuran halus lebih besar dari produk pemesinan

cetakan pasir

 

Terminologi Pengecoran

dengan Cetakan Pasir Secara umum cetakan harus memiliki bagian-bagian utama sebagai berikut:

·         Cavity (rongga cetakan), merupakan ruangan tempat logam cair yang dituangkan kedalam cetakan. Bentuk rongga ini sama dengan benda kerja yang akan dicor. Rongga cetakan dibuat dengan menggunakan pola.

·         Core (inti), fungsinya adalah membuat rongga pada benda coran. Inti dibuat terpisah dengan cetakan dan dirakit pada saat cetakan akan digunakan. Bahan inti harus tahan menahan temperatur cair logam paling kurang bahannya dari pasir.

·         Gating sistem (sistem saluran masuk), merupakan saluran masuk kerongga cetakan dari saluran turun. Gating sistem suatu cetakan dapat lebih dari satu, tergantung dengan ukuran rongga cetakan yang akan diisi oleh logam cair.

·         Sprue (Saluran turun), merupakan saluran masuk dari luar dengan posisi vertikal. Saluran ini juga dapat lebih dari satu, tergantung kecepatan penuangan yang diinginkan.

·          Pouring basin, merupakan lekukan pada cetakan yang fungsi utamanya adalah untuk mengurangi kecepatan logam cair masuk langsung dari ladle ke sprue. Kecepatan aliran logam yang tinggi dapat terjadi erosi pada sprue dan terbawanya kotoran-kotoran logam cair yang berasal dari tungku kerongga cetakan.

·          Raiser (penambah), merupakan cadangan logam cair yang berguna dalam mengisi kembali rongga cetakan bila terjadi penyusutan akibat solidifikasi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "pengertian Cavity (rongga cetakan pasir) "

Post a Comment

silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel