-->

saat mudik mobil harus prima, cek mobil yang harus diperhatikan sebelum berangkat mudik

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka fungsional sejumlah ruas jalan tol untuk mudik lebaran 2019. Ruas tol yang dibuka fungsional itu terdapat di 4 pulau Indonesia.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, Set. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Ranto Parlindungan Rajagukguk mengungkapkan untuk di Tol Trans Jawa, ruas tol yang akan dibuka fungsional ialah Pandaan Malang seksi I-lll sepanjang 30,6 km yang menghubungkan wilayah Surabaya Malang.

di kutip beberapa laman berita, 2019 pemerintah meresmikan 4 tol baru di indonesia. guna mempelancar mudik tahun ini. berikut mobil yang harus dipersiapkan dan diperiksa saat perjalanan jauh apalagi lama perjalanan di tol.

cek berkala mobil sebelum mudik

banyak kecelakaan terjadi karena kelalaian berkendara mulai ngantuk, pegal, dan dehidrasi merupakan salah satu faktor kecelakaan, walaupun angka kecelakaan mudik lebaran pada tahun 2017 hingga 2018 menurun,

tapi tetap, harus menjaga tubuh yang fit prima dan juga harus menjaga merawat kendaraan yang optimal, mobil juga tetap harus punya pemetaan terhadap perawatan rutin harian agar tetap terjaga, dengan menciptakan kondisi prima baik tubuh dan mobil sudah pasti selamat sampai tujuan. walaupun menciptakan kondisi prima baik tubuh dan mobil Tuhan berbicara punya kehendak lain. wallahualam bissawab.

     1. tune up  
sebelum berangkat mudik mobil perlu di tune-up secara berkala dan juga lebih teliti lagi, untuk tidak terjadi gannguan disaat perjalanan berlangsung. Tune up pada mesin: stell klep, cek radiator, oli gardan, oli transmisi, gardan mobil, transmisi, aki, filter mesin, oli mobil, ac mobil seperti freon, automatis, power steering, dan juga temperatur.

     2. Cek kelistrikan mobil
disaat malam hari lampu mobil badan juga harus fit, biasanya disaat malam hari ikondisi gelap serta intensitas dingin menjadi tantangan disaat mudik di malam hari. cek kelistrikan mobil yang sangat vital adalah kelistrikan lampu, seperti lampu sein, lampu utama, lampu dim, indikator, lampu darurat, lampu kota, lampu rem, kelistrikan otomatis kaca dan spion, serta kelistrikan wiper

adapun kelistrikan vital lainnya yang harus diperhatikan lampu indiator, sekring, falsher, aki, relay, dinamot motor, dan starter mobil.

bagi mobil yang masih memakai karburator yang mesti dicek kelistrikan adalah regulator, platina, dan alternator yang mesti diperhatikan

      3. cek interior dan ekterior. 
penting juga kenyamanan dan keselematan berkendara guna memperlancar perperjalann mobil, seperti panel electrik spion dan panel kelistrikan tangki bensin. mobil yang harus diperhatikan tetapi saklar ac mobil; audio, seat belt, panel kelistrikan mp4, panel dashboard seperti air bag, stir mobil, dan panel tombol.

untuk eksterior sendiri yang harus diperhatikan paling vital adalah ban, ban yang paling ideal adalah ukuran 33 Psi maksimal 40 Psi, kemudian rubber Wesper mobil jangan sampe getas kalau perlu ganti, panel weaper.  dan juga kebersihan mobil agar terlihat bersih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "saat mudik mobil harus prima, cek mobil yang harus diperhatikan sebelum berangkat mudik"

Post a Comment

silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel