-->

potensial listrik dan medan listrik


medan listrik sebuah tongkat bermuatan listrik dapat dijelaskan bukan hanya oleh sebuah medan listrik E (vektor) tetapi juga oleh sebuah kuantitas skalar, yakni potensi listrik V, kuantitas-kuantitas ini dihubungkan dengan erat sekali, dan seringkali hanyalah mengenai soal kemudahannya saja yang mana yang digunakan didalam sebuah soal. 
untuk mencari selisih potensial listrik di antara dua titik A dan B di dalam sebuah medan listrik, maka kita menggerakan sebuah muatan ini qo dari A ke B1 dan selalu mempertahankannya di dalam kesetimbangan dan mengukur kerja Wab yang harus dilakukan oleh alat yang menggerakan muatan tersebut. Selisih potesial listrik di definisikan dari

rumus


Kerja Wab mungkin (a) positif, (b) negatif, atau (c) nol. Di dalam kasus-kasus ini maka potensial listrik di B akan (a) lebih tinggi, (b) lebih rendah, atau (c) sama seperti potensial listrik di A.
Satuan SI dari selisih potensial yang didapatkan dari persamaan adalah joule atau coloumb. Kombinasi gabungan ini terjadi begitu sering sehingga digunakan sebuah satuan khusus, volt, untuk menyatakan satuan tersebut. Yakni 

1 volt = 1 joule/coloumb

Biasanya titik A dipilih pada suatu jaraj jauh dari semua muatan mautan tepatnya tak terhingga dan potensial listrik Va pada jarak tak terhingga ini diambil secara sebarang sebagai nol. Hal ini memperbolehkan kita untuk mendefinisikan potensial listrik pada sebuah titik. Dengan menaruh Va = 0 di dalam persamaan dan dengan menghilangkan indeks maka hasil

rumus 2


 Dimana w adalah kerja yang harus dilakukan oleh pengaruh luar external agent. untuk menggerakan muatan uji qo dari tak terhingga ke titik yang ditinjau. Selalulah mengingat bahwa selisih-selisih potensial adalah yang menyangkut hal fundamental dan bahwa persamaan bergantung pada penetapan sebarang dari nilai nol untuk potensial Va pada kedudukan referensi tak terhingga.

potensial referensi ini dapat saja dipilih sebarang harga yang lain, katakanlah – 100 V. Dengan cara yang serupa. Setiap titik lain yang disetujui dapat dipilih referensi. Didalam banyak soal maka bumi diambil sebagai referensi potensial dan nilai nol ditetapkan untuk potensial di bumi.

Kedua-duanya Wab dan Vb – Va di dalam persamaan tidak bergantung pada jalan yang di ikuti di dalam menggerakan muatan uji tersebut dari titik A ke titik B, seandainya hal nya tidak demikian, maka titik B tidak akan mempunyai potensial listrik yang unik dan konsep potensial akan menjadi tidak berguna.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "potensial listrik dan medan listrik "

Post a Comment

silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel