-->

kapasitor dan dielektrik


sebuah kapasitans yang lebih umum, yang terdiri dua penghantar terisolasi, a dan b, yang bentuknya seberang (kealk, tanpa memperdulikan geometrinya, maka penghantar-penghantar tersebut akan dinamakan plat).

Kita menggangap bahwa plat-plat tersebut seluruhnya terisolasi dari sekitarnya dan mengangkut muatan-muatan yang sama besarnya dan yang berlawanan tandanya berturut-turut sebesar =q dan –q. Tiap-tiap garis gaya yang berasal dari a akan berakhir pada b. kita selanjutnya menganggap, untuk sekarang ini, bahwa pengantar a dan pengantar b terdapat didalam vakum.

Kapasitor dicirikan oleh q, yakni besarnya muatan pada setiap penghantar, dan oelh v, yakni perbedaan potensial diantara penghantar-penghantar. Perhatikan a bahwa q bukanlah merupakan muatan netto pada kapasitor yang sama dengan nol, dan b bahwa V bukanlah merupakan potensisl pada masing-masing pengahantar.

Tidaklah sukar untuk menaruh muatan-muatan yang besarnya sama dan tandanya berlawanan pada penghantar-penghantar. Tidak perlu memuati penghantar-penghantar tersebut secara terpisah. Apa yang harus dilakukan adalah menghubungkan penghantar-penghantar tersebut untuk sementara ke kutub-kutub yang berlawanan dari sebuah baterai.
Kapasitor
Kapasitor


Muatan-muatan tersebut ysng besarnya sama dan tandanya berlawanan kurang lebih q akan muncul secara otomatis. Untuk sementara maka kita akan menyatakan tanpa bukti bahwa q dan v untuk sebuah kapasitor adalah sebanding terhadap satu sama lain. Atau.

q = c v

didalam makna c, yakni konstanta perbandingan, dinamakan kapasitor dari kapasitor tersebut. Kita menyatakan, sekali lagi untuk sementara tanpa bukti, bahwa c bergantung pada bentuk dan kedudukan relatip dari penghantar-penghantar tersebut.

Satuan SI dari kapasitor yang diperoleh adalah coloumb/volt. Sebuah satuan khusus, yakni farad, digunakan untuk menyatakan satuan SI tersebut. Nama ini diberikan untuk menghormati michael faraday yang, di antara kontribusi (sumbangannya) yang lain telah mengembangkan konsep kapasitas. Jadi.
1 farad = 1 coloumb/colt.

Suatu analogi dapat dibuat di antara sebuah kapasitor yang mengangkut arus q dan sebuah wadah yang volumenya V yang mengandung n mol gas ideal. Tekanan gas p adalah berbanding langsung kepada n untuk temperatur tetap.


Dielektrik – sebuah tinjauan atom.
dieletrik
dieletrik

Sekarang berusaha mengerti, di dalam pengertian atom, apa yang terjadi bila menempatkan sebuah dielektrik didalam sebuah medan listrik. Didalam hal ini ada dua kemungkinan, molekul-molekul dari beberapa dielektrik.

 seperti air, mempunyai momen-momen dipol listrik permanen. Di dalam bahan seperti itu. Maka momen-momen dipol listrik p cenderung utnuk mensejajarkan dirinya dengan suatu medan listrik saja.

Molekul-molekul mempunyai momen-momen dipol listrik permanen atau tidak, maka molekul-molekul tersbut memperoleh momen-momen dipol karena induksi bial ditempatkan di dalam sebuah medan listrik. 

Bahwa medan listik cenderung memisahkan muatan negatip dan muatan positif di dalam atom atau molekul. Momen dipol listrikimbas ini hanya ada bila medan listrik ada, momen dipol lisrik imbas tersebut adalah sebanding dengan medan listrik (kekautan kekuatan medan yang normal. Dan diciptakan sudah tersusun sebaris dengan medan listrik. 


Yang menangkut sebuah muatan tetap q dan yang tak dihubungkan ke sebuah baterai. Untuk menyediakan sebuah medan listrik luar E0 yang uniform yang kedalamannya tempatkan sebuah lemping dielektrik. 

Efek keseluruhan dari panjajaran dan induksi adalah untuk memisahkan pusat muatan negatip, lemping tersebut secara keseluruhan walaupun tetap bersifat netral secara listrik, akan jadi terpolarisasi. 
dieletrik

Maka muatan-muatan permukaan imbas positif haruslah sama besarnya dengan muatan permukaan imbas negatip, tidak ada perpindahan muatan melalui jarak-jarak makroskopis seperti terjadi bial sebuah arus ditimbulkan di dalam sebuah penghantar.
 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "kapasitor dan dielektrik"

Post a Comment

silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel