perawatan berkala: ketahui saat Servis Tune Up Mesin bensin dibengkel.
Merawat mobil kesayangan yang menemani aktifitas atau rutinitas Anda
sehari-hari sangat dianjurkan. Terlebih dalam kesehariannya perjalanan
Anda menghadapi kemacetan panjang.
Jangan sampai saat digunakan mesin mobil Anda mengalami panas sehingga mogok, atau ada komponen lainnya yang sudah aus atau habis masa pakainya sehingga harus diganti. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar mesin mobil siap dipakai harian, atau siap untuk menempuh perjalanan jauh?.
Langkah ini merupakan standar yang umum dan mencakup beberapa pengecekan. Di antaranya penyetelan klep, pengecekan pengapian, cek filter udara, filter bensin, throttle body, pemeriksaan busi dan oli.
Jangan sampai saat digunakan mesin mobil Anda mengalami panas sehingga mogok, atau ada komponen lainnya yang sudah aus atau habis masa pakainya sehingga harus diganti. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar mesin mobil siap dipakai harian, atau siap untuk menempuh perjalanan jauh?.
Langkah ini merupakan standar yang umum dan mencakup beberapa pengecekan. Di antaranya penyetelan klep, pengecekan pengapian, cek filter udara, filter bensin, throttle body, pemeriksaan busi dan oli.
Memiliki kendaraan
bermotor seperti mobil berarti harus siap dengan konsekuensi merawatnya.
Perawat sederhana seperti ganti oli mobil itu menjadi hal yang sangat
penting dilakukan. Dengan merawatnya, mobil akan berada di performa
terbaiknya serta mesin akan hidup lebih lama. Hal itu juga akan membuat
banyak keuntungan bagi Anda serta mencegah terjadinya
kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.
Berbicara perawatan
mobil, sebagian besar dari Anda mungkin hanya tahu bahwa ganti oli mobil
dan service rutin itu sudah cukup. Namun sebenarnya, mobil perlu
melakukan tune up. Tune up perlu dilakukan karena seiring seringnya mobil digunakan, maka kemungkinan performa mesin menurun itu ada.
Secara garis besar, tune up itu merupakan servis kendaraan untuk menjaga dan meningkatkan performa dan sistem pada mobil. Oleh karena itu, melakukan tune up secara rutin seperti servis lainnya perlu dilakukan
Tujuan Tune Up Mobil
- Menjaga performa dan stabilitas mesin mobil
- Menghindari terjadinya kerusakan
- Memastikan sistem dan komponen berada pada kondisi baik dan sesuai spesifikasi yang ada di buku manual
Sebenarnya, Anda dapat mengerjakan sendiri servis tune up
di rumah karena relatif lebih mudah dilakukan. Dengan catatan, Anda
memiliki alat-alat sendiri serta memiliki pengetahuan mendalam
terhadapan mesin dan sistem serta komponen-komponen yang berada di mobil
Anda.
Alat-alat ini sangat
penting untuk diperhatikan karena jika salah satu alat tidak ada, maka
Anda tidak bisa melakukan servis tune up sendiri. Adupun alat-alat yang
diperlukan ialah: kunci pas, ring, obeng plus-minus, pengukur celah (feeler gauge), ampelas, timing light, tes komperasi, dan kain lap.
Selain alat-alat harus memadai, melakukan servis tune up pun
harus dilakukan secara prosedural atau berututan.Tujuannya adalah agar
tidak ada komponen yang terlewat sehingga terjadi pengulangan. Selain
itu, biasanya pabrik keluaran mobil kesayangan Anda telah memiliki
aturan mengenai servise tune up itu sendiri. Perlu diingat kembali, servis tune up akan menghabiskan banyak waktu karena memang banyak komponen yang harus diperiksa.
Apa Saja Komponen dan Bagian pada Mobil yang Diperiksa?
Pada umumnya, servis tune up
meliputi pemeriksaan busi, celah katup, karburator, tali kipas, sistem
pendingin, saringan udara, hingga putaran idle. Adapun lengkapnya
seperti ini:
- Saringan udara
Saringan udara bisanya
terlebih dahulur diservis karena saringan udara merupakan komponen yang
paling dingin. Selain itu, saring udara berpengaruh juga terhadap
pembentukan campuran udara dan bensin saluran gas.
- Tutup distributor
Tutup distributor diperiksa bersamaan dengan kabel-kabel busi dan platina. Hal ini dimaksudkan agar menghemat waktu kerja.
Sebelum menyetel
pengapian dan putaran stasioner, biasanya celah platina diperiksa
terlebih dahulu. Biasanya ada celah yang lebih besar, hal itu akan
membuat pengapian menjadi maju sedikit. Begitupun sebaliknya.
Putaran stasioner juga
masih berkaitan dengan celah platina. Oleh karena itu, penyetelan
putaran stasioner dan campuran gas diservis sebelum platina.
Sebelum dipasang lagi
tutup distributornya, biasanya mekanik akan memeriksa kualitas pengapian
yang dipengaruhi oleh nyala api busi dan kabel-kabelnya. Sebelum
mengganti busi, biasanya memang mekanik memeriksa fungsi kabel-kabelnya
terlebih dahulu.
- Periksa Accu (Aki)
Aki juga termasuk yang
akan diperiksa. Biasanya, kutub-kutub aki dibersihkan dari jamur dan
karat. Jika ada jamur, kutub-kutub aki dibersihkan dengan air hangat,
sedangkan karat dengan ampelas. Selain itu, minta mekanik untuk
mengecek air aki. Jika air aki kurang berakibat pada kinerja aki yang
tidak maksimal sehingga arus tidak mencukupi kebutuhan akan aliran
listrik pada mobil.
- Celah katup
Celah katup juga mesti
disetel ulang. Ketika disetel ulang, busi tidak perlu dipasang dulu.
Hal ini membuat putaran celah katup menjadi lebih ringan saat mencari
posisi top kompresi masing-masing silinder.
Sedangkan bagian busi
yang dipersika adalah elektrodanya. Kebersihan dan celahnya. Elektroda
yang kotor harus diampelas dengan ampelas besi dan elektroda
positif-negatif tidak boleh berhubungan.
- Idle
Setelah serangkaian di atas, penyetelan idle merupakan penyetelah paling akhir dalam tune up mesin
mobil. Sebelum menyetel campuran idle, putaran mesin harus stasioner
dulu. Pada prinsipnya, menyetel idle merupakan campuran antara udara
dengan bensin pada putaran idling.
- Tali Kipas
Tali kipas juga perlu
diperiksa. Kekencangan tali kipas itu mempengaruhi pendinginan dan
putaran alternator. Jika kendor, pendingan oleh kipas tidak sesuai
dengan putaran mesin sehingga menjadi panas. Tak hanya itu, kejadian itu
akan merembet ke putara alternator yang juga tida bisa maksimum
sehingga pengisian ke baterai kurang baik.
Jadi, beberapa komponen di atas merupakan hal wajib yang akan diperiksa ketika melakukan servis tune up mobil.
Selain hal di atas, gunakan juga pelumas dari oli TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP sebagai penunjang servis tune up mobil
Anda. Oli sintetik EVO ENGINE TUNE UP merupakan perawatan sistem yang
dibutuhkan oleh mesin mobil. Oli yang diformulasikan dengan GENERATION
IV Additive Technology bertugas untuk meningkatkan tenaga dan mengurangi
emisi berbaya. Bertugas juga untuk membersihkan dan memelihata sistem
bahan bakar dan tentunya meningkatkan kinerja mesin.
berikut adalah LANGKAH KERJA TUNE UP
Tune-up
merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa dan kapasitas mesin.
Servis tune up adalah perbaikan komponen-komponen mesin untuk memperbaiki
performa mesin agar dapat bergerak dengan lancar dan tidak cepat mengalami
kerusakan. Diharapkan saat pemakaian sehabis di tune up mobil akan terdongkrak
performanya dan irit pemakaian bahan bakar. Tune up dilakukan setelah daur
pakai mencapai 25.000 km dan kelipatannya. Pada saat inilah mobil diperkirakan
akan mengalami penurunan performa dan harus di tune up.
Berikut langkah - langkah mengenai Tune-Up pada kendaraan Bensin :
1.
Pasang perlengkapan servis
kendaraan, Fender cover, Grill cover, Steering cover, Floor cover Seat cover
2.
Siapkan peralatan kerja Tool
set Alat ukur, meliputi : Tune-up tester, Multimeter, Radiator Tester, Radiator
cup tester, Spring scale, kunci momen (torque wrench), hidrometer, feeler gauge
dan mistar baja. Perlengkapan servis lain, meliputi : kompresor, air gun dan
kain lap bersih.
3.
Pekerjaan saat mesin dingin,
meliputi pemeriksaan : minyak pelumas, sistem pendingin, tali kipas, filter
bensin, filter udara, sistem pengapian.
4.
Pekerjaan saat mesin hidup,
meliputi pemeriksaan : dwell angle, Putaran idle saat pengapian.
5.
Pekerjaan setelah mesin
dipanaskan, meliputi : celap katup kerja karburator stel putaran idle kompresi
tes jalan.
0 Response to "perawatan berkala: ketahui saat Servis Tune Up Mesin bensin dibengkel. "
Post a Comment
silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,