-->

kontruksi rolling


Dalam kehidupan sehari-hari, sering menggunakan ataupun melihat hal hal seperti mobil, Jembatan, tabung gas, rel kereta api. Semua itu merupakan benda benda yang biasa kita temui di dalam kehidupan. Semua benda tersebut dibentuk sesuai dengan kegunaannya masing masing. Untuk membentuk material menJadi Produk sesuai dengan kebutuhannya seperti Contoh diatas, bisa dilakukan dengan beberapa Proses. Diantaranya bisa dilakukan dengan Proses rolling. Proses rolling banyak digunakan untuk membuat berbagai macam Profil. Karena banyaknya kegunaan dari Proses rolling ini, untuk itulah di dalam Laporan ini Memaparkan Progress Proses rolling untuk mata kuliah CAD/CAM.


gambar 1

Rolling atau Pengerolan logam adalah sebuah proses untuk mengurangi ketebalan atau luas Penampang dari suatu logam atau benda kerja, dengan melewatkan benda kerja Pada sepasang roll yang berputar dengan arah yang berlawanan.

Celah atau gap diantara dua roll yang berputar lebih kecil dari ketebalan logam yang akan masuk. benda kerja terjepit diantara dua roll, sehingga mucul gaya gesek yang diperlukan untuk menggigit dan menarik benda kerja agar dapat melewati roll. benda kerja  yang melewati roll berputar akan mengalami tegangan tekandan tegangan geser permukaan. Deformasi dari proses ini akan menyebabkan benda kerja bertambah panjang, sedangkan luas penam0png atau ketebalannya akan berkurang. 

Proses rolling ini banyak digunakan pada ptoses pengerjaan logam, karena memberikan kemungkinan untuk memproduksi produk akhir yang berkualita stinggi dan mudah dikontrol. 

Proses pengerolan ini biasanya merupakan proses pertama yang digunakan untuk mengubah material menjadi Produk kasar. Material yang tebal di roll menjadi blooms, billets atau slab, atau bentuk bentuk ini dapat dibuat langsung dari Continous casting. Produk seperti bloom, billet, dan slab ini merupakan produk setengah jadi dan harus dibentuk lagi pada proses selanjutnya

Bentuk-bentuk Benda Kerja yang Dikerjakan dengan Rolling Proses rolling dapat digunakan untuk membentuk:
  1.  Sheet,
  2. Plat,
  3. Strip,
  4. Pipa besi,
  5. Bar
Jenis Material yang Mampu Dikerjakan dengan Rolling Material yang dapat dikerjakan dengan rolling antara lain:
  1. Logam ferro,
  2. Logam non ferro,
  3. Logam paduan,
  4. Plastik,
  5. Serbuk logam,
  6. Keramik,
  7. Hot glass.
  8. Tujuan Proses Rolling
  9. Proses rolling bertujuan untuk:
  10. Mengurangi ukuran penampang benda kerja.
  11. Memperoleh bentuk yang diinginkan.
  12. Memperhalus ukuran butir benda kerja (struktur butir lebih halus).
  13. Mengurangi kegetasan benda kerja (benda kerja awal biasanya berupa ingot hasil pengecoran yang bersifat getas).
  14. Menghilangkan lubang-lubang kecil di dalam benda kerja (pada proses pengecoran biasanya ada gas yang terjebak di dalam benda kerja dan menyebabkan lubang-lubang kecil).
  15. Meningkatkan kekuatan benda kerja.
  16. Meningkatkan kekerasan benda kerja.
  17. Memperhalus permukaan benda kerja.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "kontruksi rolling "

Post a Comment

silahkan untuk berkomentar disini ,,,,,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel